[SOLVED] 4 Masalah Berhijab (Beserta Solusi) yang paling sering kita alami

08.04 0 Comments A+ a-

Halo Penggemar Fashion,

Seringkali kita terlihat tampil cantik saat tidak mengenakan hijab, jujur saya pada awalnya tidak berhijab namun seiring waktu saya mulai berkenalan mencari informasi kepada wanita-wanita sholeh dan bahkan sahabat saya yang telah memutuskan berhijab sejak SMP.

Banyak yang bilang: "..hijab itu seringkali membuat kita tidak nyaman karena kepanasan, berkeringat saat beraktifitas, gatal dipangkal rambut, hingga kerontokan" tapi disisi lain teman saya berbagi pengalaman karena saat berjilbab alhamdulillah kita sering mengontrol aktifitas kita seperti saat waktu sholat, waktu malam hingga berkata atau bersikap kurang sopan. karena saat kita berhijab kita memutuskan untuk berubah insya Alloh menjadi perubahan yang lebih baik.

Masalah Berhijab dan Solusi

Sumber Grafis: Azka Firas

Namun ada beberapa orang yang tidak percaya mengenai keputusan tersebut ada yang bilang pencitraan, demi karir bahkan ada yang sempat berkata agar dinilai baik dan mendapatkan lingkungan yang lebih luas,

Yah apapun alasannya ingat keputusan berhijab akan mengubah seseorang seiring berjalannya waktu, Please Bersikap lebih Positif dan tak usah hiraukan gunjingan orang terhadap anda, ini adalah awal anda membuka lembaran baru yang lebih baik dalam kehidupan kamu. Oke

Masalah yang sering dirasakan wanita berhijab

Seperti yang saya bahas sedikit tadi di atas ada beberapa masalah yang sering dirasakan oleh seorang wanita yang tengah berhijab bukan hanya pemula melainkan yang telah berhijab cukup lamapun sering mengalami masalah diatas
  1. Tidak nyaman akibat kepanasan
  2. Berkeringat (Lembab)
  3. Rontok & Ketombe
  4. Tidak sesuai dengan Keinginan

Solusi Untuk Masalah Berhijab

Mungkin saya jawab sesuai hasil analisis dan pertanyaan yang saya ajukan kepada beberapa Wanita Muslimah yang pernah saya temui:

1. Masalah berhijab: Kepanasan

Ini adalah alasan pertama yang sering dilontarkan oleh pemula yang berhijab. jawaban pertama saya tentu saja karena belum terbiasa, kedua saya menjawab kemungkinan karena pemilihan bahan yang tidak tepat karena penggunaan hijab (kerudung)yang tepat akan membuat anda merasa nyaman walau dalam keadaan musim panas sekallipun, dan bisa jadi karena style yang tidak memberikan sirkulasi udara kepada kepala anda.

Lalu bagaimana tips nya?

Oke mulai dari niat ya, niatkan dalam hati dan fikiranmu bahwa kamu berjilbab Karena Allah, karena niat yang baik akan menuntun kamu dan membuat kamu bertahan dalam berhijab.

Lalu yang kedua mulailah mencari informasi seputar bahan hijab karena sekarang kita telah dipermudah dengan jenis bahan kerudung yang menyesuaikan dengan iklim di negara kita.

Lalu yang ketiga mulailah dengan style yang simple, saya ada Tips berhijab untuk Pemula sesuai bentuk wajah (silahkan baca diartikel selanjutnya) style yang mudah membantu anda memahami dan mencari style yang cocok dengan fashion anda, karena pada dasarnya berhijab itu untuk menutupi aurat dan tampil lebih anggun, cantik tanpa menghambat aktifitas keseharian kita,

  • jika kamu sedikit menyukai penampilan maskulin (tomboy) maka carilah jenis kerudung yang bloush (sejenis bergo), 
  • jika anda adalah wanita yang girly maka carilah jenis kerudung yang memanjang (Fashmina), 
  • dan jika anda adalah wanita yang menyukai hijab feminin maka carilah kerudung segi empat yang memiliki sedikit motif yang bisa kamu sesuaikan dengan tema pakaianmu saat itu.

2. Masalah berhijab: Keringat (Lembab)

Next Setelah kita menjawab masalah utama, selanjutnya kita bahas Berkeringat dalam menggunakan hijab

Hal ini berkaitan dengan hal pertama tadi dalam ketidaknyamanan, jujur saya sering mengeluh saat awal-awal berhijab karena saya tidak percaya diri rambut saya sering sekali lepek akibat berkeringat sampai pada suatu hari saya mencari solusi kepada ibu saya yang sudah lama mengenakan hijab, dan beliau berkata itu karena bahan. dari sana saya mulai mencari informasi mengenai jenis bahan yang akan meminimalisir hal tersebut.

1. Pilihlah Bandana ataupun kerudung yang berbahan Katun karena akan menyerap keringat, jenis bahan bandana itu bermacam-macam dan yang sering digunakan ialah jenis: katun, jersey, viscose, rajut dll

2. Setelah memilih jenis bandana yang tepat jangan lupa gunakan style kerudung yang memberikan ruang pada kepala, saya sarankan jika penggunaannya disiang hari karena itu adalah masa aktif dalam beraktifitas saya sarankan gunakan style yang simple yang tidak terlalu banyak lilitan untuk jenis Style yang cocok untuk kegiatan Siang hari cek disini

3. Masalah berhijab: Rontok dan Ketombe

Setelah mengetahui kita harus menggunakan kerudung yang mana maka selanjutnya masalah pribadi saya yaitu sempat berketombe dan Rontok pada rambut, tentu ini mengkhawatirkan saya dalam berhijab, namun saya tau ini bisa diatasi karena produk shampo banyak yang telah menangani masalah hijabers ini jadi carilah solusi dengan mendatangi pakar rambut bisa kesalon, atau menggunakan cara tradisional. karena saya menyukai cara yang Alloh kasih ya itu dengan cara tradisional silahkan cek artikel Tips Ampuh mengatasi ketombe dan Rontok untuk Wanita Berjilbab.

4. Masalah berhijab: Tidak Sesuai Keinginan

Selanjutnya hal yang paling menggoyahkan niat kita adalah Hasil berhijab yang tidak sesuai keinginan,
hahaha.. jika mengingat hal ini saya selalu ingin tertawa, karena hal ini menjadi kenangan bagi saya, saya ingat dulu saat saya pertama kali memutuskan berhijab saya menemukan surprise dari Allah bahwa tunangan saya pergi meninggalkan saya tapi hal baiknya adalah saya menjadi lebih mencari jati diri, Alhamdulillah ini membuat saya semakin PD dan membuat hal lebih baik pada diri saya, malah curhat, sorry guys cuman share aja kalo dibalik masalah apalagi dalam kebingungan dalam berhijab selalu ada kebaikan yang diperoleh ini langsung lhoo!! ga pake lama Allah tunjukan kasih sayangnya..

Oke sekarang kita kembali bahas tentang Percaya Diri hasil berhijab sendiri, ini sering sekali saya alami selama 2 tahun saya berhijab saya tidak pernah merasa percaya diri, tapi pengalaman adalah guru paling ampuh sekarang saya berani tampil sesuai yang saya suka, kamu juga bisa begitu kok. makanya cekidot artikel Tutorial cara Berjilbab sesuai Bentuk Wajah